Sabtu, 02 Juni 2012

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansiyang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.
Tujuan dari disusunnya laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan pemakaiannya.
Laporan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.
Laporan keuangan perusahaan terdiri dari :
  1. Laporan Laba Rugi
yaitu laporan mengenai pendapatan, beban, dan laba atau rugi suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu.
  1. Laporan Perubahan Modal
yaitu laporan yang menyajikan perubahan modal karena penambahan dan pengurangan dari laba/rugi dan transaksi pemilik.
  1. Neraca
yaitu laporan yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi aktiva, kewajiban dan ekuitas pada suatu saat tertentu.
  1. Laporan Arus Kas
yaitu laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas selama satu periode tertentu. Laporan Arus Kas akan dibahas dalam bab tersendiri.
contoh laporan keuangan
1. laporan keuangan PT BNI syariah per september 2011 dan 2010, silahkan unggah link dibawah ini :
lap.keu pt bni syariah per sept 2011 dan 2010
setelah mengunduh link diatas dapat kita lihat pada tabel perhitungan rasio keuangan , analisis laporan keuangan PT BNI syariah per september tahun 2011 dan 2010 :
             a. rasio likuiditas
Dari hasil analisis likuiditas menunjukan bahwa quick Ratio Bank tersebut paling tinggi terjadi pada tahun 2010 sebesar 146,17% . Untuk reverse requirement Bank BNI syariah  telah melampaui ketentuan minimum sebesar 3.35% .
             b. rasio rentabilitas
Posisi ROA pada Bank BNI syariah  tahun 2o1o sebesar -0.16% kondisi ini kurang sehat karena berada dibawah standar minimum sebesar 1,16%. sedangkan posisi ROA pada tahun 2011 sebesar 2,37% dan ini memenuhi batas minimum.
              c.rasio solvabilitas
Kondisi permodalan pada Bank BNI syariah dinilai  baik. Ini dilihat dari tabel perhitungan CAR ,dimana posisi CAR pada tahun 2011 sebesar 20,97% dan pada tahun 2010 sebesar 29,46%, berada  di atas ketentuan Bank Indonesia yang berkisar antara 8% sampai dengan 9%.
2. laporan keuangan PT BNI syariah september 2010, silahkan unggah link dibawah ini :
BNI SyariahSEPTEMBER-2010
Jadi analisis laporan keuangan dapat di nilai dari rasio likuiditas , rentabilitas ,dan solvabilitas dari bank tersebut.
sumber :
www.Wikipedia.org
www. dasar-akuntansi.blogspot.com
http://veetraveetra.blogspot.com
www.bnisyariah.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar